Pemdes Timu gandeng Dukcapil Kabupaten Bima melakukan kegiatan Perekaman E-KTP dan Kepengurusan Dok

09 Januari 2020  Nurhayati  Berita Desa 

Timu.desa.id – Pemerintah desa timu, meminta kepada seluruh masyarakat Desa timu segera merekam data diri mereka dan membuat KTP Elektronik (KTP-El) dan pengurusan dokumen lainya.

Hari (red) pemerintah desa timu bekerjasama dengan dukcapil kabupaten bima melakukan perekaman dan pembuatan dokumen penduduk Kamis ( 9/1/2020). 

 Hingga pertengahan 2019 lalu, baru 53porsen penduduk yang sudah merekam data dirinya,Sisanya, masih ada sekitar 30 lebih porsn penduduk yang belum merekam data dirinya.

 “Hal ini begitu penting karena kelak semua pelayanan publik akan berbasis NIK dan KTP-el. KTP itu seperti ‘nyawa’ penduduk, karena segala urusan mulai dari membuat SIM, BPJS, mengurus akta nikah, semua membutuhkan data KTP-el,” ujar Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, (22/8). Bagi penduduk yang belum melakukan perekaman, Kemendagri memberikan perhatian khusus dan memberikan kemudahan-kemudahan, terlebih saat ini semua data dan titik-titik pelayanan di daerah sudah terkoneksi dengan Data Center (DC) di pusat.

Jadi, dengan teknologi, Kemendagri memangkas 3 prosedur pembuatan KTP-El. Penduduk yang ingin merekam KTP-El tidak perlu lagi membawa surat pengantar dari RT/RW dan Kelurahan serta akta lahir. “Cukup membawa fotocopy Kartu Keluarga ke Dinas Dukcapil manapun. Bisa diurus dimana saja, tidak harus sesuai domisili penduduk,” ujar Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Prof. Zudan Arif Fakrulloh.

Lembaga pemerintah dan swasta sudah menggunakan data KTP-el dan NIK untuk akses layanan publik. Disamping hal itu, langkah tegas perlu diambil Dukcapil Kabupaten bima untuk pembaruan database, tentang jati diri penduduk desa timu, sehingga tidak perlu lagi membuat “surat domisili ” untuk pengurusan izin, pembukaan rekening bank, dsb. KTP-el juga mencegah kepemilikan KTP ganda atau KTP palsu. Dengan demikian akurasi data penduduk presisi dan dapat digunakan untuk beragam kepentingan, khususnya pelayanan publik dan perencanaan pembangunan.

Sementara pemerintah desa timu dan masyarakat berantusias melakukan perekaman e-ktp dan pengurusan dokumen dirinya ungkap kades timu pada saat kegiatan pelayanan perekaman e ktp ( op sid timu nur )

Kirim Komentar


  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Layanan Mandiri


Silakan datang atau hubungi operator desa untuk mendapatkan kode PIN anda.

Masukan NIK dan PIN

Pengumuman
Contoh Tulisan Berjalan jasa website ganti domain dll

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Sinergi Program

KEMENDESA PEMPROVNTB
BPMPD Prov. NTB PEMKAB BIMA

Komentar Terkini

Seputar Sistim Informasi Desa